INCREASING STUDENTS’ READING ABILITY THROUGH WEB EXE RELATED TO ANIMATION QUESTIONS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arpandi Arpandi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca siswa ditandai kemampuan menjawab pertanyaan ide pokok, detail teks, sebab akibat dan gambaran kesimpulan dari teks. Penulis menggunakan media pembalajaran berupa pertanyaan dalam web Exe dihubungkan dengan animasi berupa pertanyaan pilihan ganda. Ada 3 siklus dengan 4 prosedur dalam pelaksanaan penulisan, yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil yang didapat, pertama terjadi peningkatan vocabulary dan kemampuan membaca siswa yaitu siklus I rata-rata 72,1 untuk kelas XII IPS 2 jika dibandingkan 63,7 untuk semester sebelumnya berarti peningkatannya 8,4 point. Kelas XII IPS 3 76,8 berbanding 64,8 peningkatan 12 point. Pada siklus II, kelas XII IPS 2 rata-rata 74,5 peningkatan 2,4, dan 76,9 pada kelas XII IPS 3 peningkatan 0,1 point. Untuk siklus III kelas XII IPS 2 mendapat nilai rata-rata 78,2 dengan peningkatan 3,7 dan 82,9 untuk nilai rata-rata kelas XII IPS 3 peningkatan 6,0 point. Kedua terdapat 28 siswa dari XII IPS 2 dan 30 siswa dari XII IPS 3 mendapat skor sama atau lebih dari 75. Kesimpulannya penggunaan media pembelajaran web exe dihubungkan animasi selayaknya digunakan karena dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##