PENGARUH LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP PRESTASI FISIKA PADA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eka Maryam

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada tahun pelajaran 2017/2018 di kelas XII Madrasah Aliyah Al Muhajirin Tugumulyo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh laboratorium virtual Physics Education Technology terhadap hasil belajar fisika siswa. Populasi yang digunakan penelitian ini seluruh siswa kelas XII IPA MA Al Muhajirin Tugumulyo dengan jumlah 95 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini diambil mengunakan teknik convenience sampling, yakni pengontrolan sampel berupa sampel sepadan. Sampel yang digunakan penelitian ini kelas XII Ibnu Miskawaih sebagai kelas yang diberikan treatment, dan kelas XII Al Idris sebagai kelas pembanding. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial, yakni uji prasyarat dan uji t statistik. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol 65 pre-test dan post-test 68, artinya mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 24%. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar pada pre-test 50 dan post-test 82, artinya mengalami kenaikan sebesar 64%. Jumlah kenaikan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Selisih kenaikan tersebut sebesar 40%, artinya bahwa media laboratorium virtual Physics Educatin Technology mempengaruhi hasil belajar 40% lebih baik dari metode biasa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##