HUTAN KOTA SUNGAILIAT SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA SMPN 2 SUNGAILIAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tien Rostini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media Hutan Kota Sungailiat dalam meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII D di SMPN 2 Sungailiat dalam menulis teks eksposisi. Efektivitas pembelajaran dengan media Hutan Kota Sungailiat dilihat dari peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan  dengan empat langkah, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan perbaikan pembelajarannya dilakukan dua pertemuan persiklus. Pertemuan pertama dilakukan di Hutan Kota Sungailiat untuk menentukan ide, mengumpulkan data, dan menyusun kerangka serta konsep tulisan. Pertemuan kedua dilakukan di ruang kelas untuk menyunting tulisan. Hasil penilaian setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam bentuk keterampilan menulis eksposisi. Peningkatannya dapat dilihat dari hasil penilaian pembelajaran awal, siklus I, dan siklus II. Persentase ketuntasan kelas pada pembelajaran awal sebesar 61,76%, pada siklus I, dan pada siklus II mencapai 94,12%. Dengan demikian, dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran dengan media Hutan Kota Sungailiat efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Sungailiat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##