PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya nilai - nilai karakter dalam diri siswa di SMA Negeri 2 Sungaiselan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai - nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran menulis puisi dengan Model Mind Mapping di kelas XII SMA Negeri 2 Sungaiselan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes unjuk kerja, observasi, serta wawancara. Teknik analisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman melalui tiga tahapan, yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil yang diperoleh selama pembelajaran menulis puisi menggunakan model Mind Mapping untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di kelas XII Bahasa SMA Negeri 2 Sungaiselan bahwa siswa menunjukkan sikap/perilaku yang positif. Tampak selama pembelajaran rasa ingin tahu yang tinggi sebesar 79,8%, disiplin sesuai aturan yang disepakati 85%, jujur dalam menulis 75,4%, kreatif 74,3%, mandiri dan bertanggung jawab 89%. Hasil cipta puisi menunjukkan karakter dari para penulis, karena selama pembelajaran berlangsung siswa dituntut untuk jujur dan bertanggung jawab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##