UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dewi Setyorini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terkait dengan rendahnya minat belajar dan pemahaman konsep XII PKn 1 SMAN 1 Kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan pendekatan pembelajaran di luar kelas. Jenis penelitian ini yaitu Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Kelapa semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Data hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dapat diketahui bahwa minat belajar siswa di dalam pembelajaran PKN terjadi peningkatan di setiap siklus. Siswa lebih antusias di dalam mengikuti pembelajaran di luar kelas dibandingkan dengan proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Peningkatan minat ini dapat diketahui melalui hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, serta dipertegas dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa ini dapat dilihat dari nilai rata - rata persentase hasil tes siswa pada siklus I sebesar 42,22% menjadi 85,55%. Rata - rata nilai PKN siswa meningkat dari siklus I sebesar 75,92 menjadi 90,74 pada siklus II.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##